Bagaimana Cara Kerja Filter Resin Kation dan Anion serta Cara Regenerasi Resin?

Apa Itu Resin Penukar Ion / Ion Exchange?

Pertukaran ion merupakan reaksi kimia reversible dimana ion terlarut dihilangkan dari larutan serta digantikan dengan ion lain yang mempunyai muatan yang sama.

Resin penukar ion yaitu media berupa polymer matrix dengan grup fungsional baik muatan positif (kation) ataupun muatan negatif (anion).

Apa Saja Tipe – tipe Resin?

1. Resin Kation Asam KuatResin

Strong acid cation (SAC) resin ataupun resin kation asam kuat terdiri dari polystyrene matrix dengan grup fungsi sulfonat (SO3–); muatan ion natrium (Na2+) untuk aplikasi softener, atau ion hidrogen (H+) untuk demineralisasi.

2. Resin Kation Asam Lemah

Weak acid cation (WAC) resin ataupun resin kation asam lemah terdiri dari polimer akrilik yang dihidrolisir dengan asam sulfur atau soda kaustik untuk menghasilkan grup fungsi asam karboksilat.

3. Resin Anion Basa Kuat

Strong base anion (SBA) resin atau resin anion basa lemah terdiri dari polystyrene matrix yang melewati chloromethylation dan amination. Type 1 SBA resins dihasilkan dengan aplikasi trimethylamine, dimana menghasilkan ion klorida (Cl–), sedangkan Type 2 SBA resins dihasilkan dengan aplikasi dimethylethanolamine, dimana menghasilkan ion hidroksida (OH–). Contoh resin anion basa kuat yaitu Resin Amberlite IRA 402

4. Resin Anion Basa Lemah

Weak base anion (WBA) resin atau resin anion basa lemah terdiri dari polystyrene matrix yang melewati chloromethylation, diikuti amination dengan dimethylamine. WBA resins dipakai untuk menyerap asam untuk menghilangkan anion yang terkait dengan asam mineral kuat.

Chelating resins
Chelating resins merupakan resin yang didesain khusus untuk menghilangkan logam ataupun senyawa tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Resin Penukar Ion?

Sederhananya, pertukaran ion yaitu pertukaran partikel bermuatan ataupun ion dengan yang sejenis. Hal ini terjadi ketika matrik resin bertukar tempat dengan ion yang terkandung dalam larutan. Ion bermuatan pada resin siap untuk mengikat ion dengan muatan yang berlawanan
(positif dengan negatif). Reaksi ini terjadi sampai equilibrium tercapai.

Bagaimana Cara Regenerasi Resin Anion Lewatit?

Berjalannya waktu, resin akan jenuh dengan kontaminan ion. Ketika resin mencapai batas kapasitas, maka ia perlu dipulihkan, inilah yang dinamakan regenerasi resin melewati resin, ion / pengotor yang terlarut dalam air terikat dengan resin.
Media regenerasi atau regeneran yang dipakai tergantung tipe resin serta aplikasi.
Regeneran dapat berupa garam corosex, asam, maupun larutan basa.
Pada proses regenerasi ini, air kemudian dipakai untuk membilas residu dari kandungan ion yang terikat pada resin.

Dengan adanya Resin Ion Exchange Lewatit M500 dan Lewatit S108, pelanggan dapat memperoleh manfaat dari air yang lebih bersih dan bebas mineral. Ady Water hadir untuk membantu mengatasi masalah air yang tidak bersih dan bermineral tinggi di berbagai industri.

CV. ADY WATER memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam industri water threatment, juga termasuk reputasi baik untuk distributor utama Resin Anion Lewatit dan kation mensuplai industri industri besar. Kami berdedikasi untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan kami dan siap membantu menjadi solusi masalah air dan PARTNER usaha Anda.